Scrub Wajah: Pengertian, Manfaat, Jenis, Rekomendasi

Scrub itu apa? Apa manfaat scrub wajah dan badan? Kapan waktu yang tepat untuk melakukan scrub wajah? Apa merk merk scrub wajah yang bagus untuk kulit berminyak dan jenis kulit lainnya?

Jika kamu belum mengetahui scrub itu apa, admin blog Maklon kosmetik akan menjelaskan kepada anda tentang scrub secara lengkap. Mulai dari definisi, jenis, bahan, tipe pengaplikasian scrub pada kulit hingga perbedaan scrub dan lulur.

Scrub itu Apa?

Pengertian Scrub

Scrub wajah (facial scrub) adalah produk kecantikan yang menggunakan partikel kecil, butiran, atau bahan kimia untuk menghilangkan sel kulit yang sudah tua (mati) dan memicu pertumbuhan sel kulit baru. Prosesnya disebut dengan eksfoliasi (Wikihow, 2020).

Eksfoliasi artinya mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan terluar kulit wajah. Eksfoliasi mekanik atau scrub bisa dilakukan oleh dokter dengan tindakan dermaplaning atau mikrodermabrasi.

Bila kulit muka anda kusam maka cobalah untuk menggunakan scrub wajah. Penggunaan scrub wajah dapat membuat kulit terasa lebih cantik, muda, lembut dan glowing.

Apakah anda sudah paham scrub itu apa?

Scrub dalam proses perawatan kulit

Scrub merupakan bahan untuk scrubbing, sementara scrubbing adalah salah satu bagian dari rangkaian kegiatan skin care treatment (Perawatan Kulit).

Istilah scrub di salon kecantikan sendiri dikenal dengan facial, sehingga tidak heran jika salon kecantikan memasukan scrubbing ke dalam list skincare treatment.

Definisi Scrub Menurut Wikipedia

Definisi scrub menurut Wikipedia merupakan rangkaian perawatan kecantikan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Masalah pada wajah itu sendiri seperti berkaitan dengan tekstur, tekanan sel, warna dan kesehatan secara keseluruhan. 

Rangkaian proses perawatan kulit meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • pembersihan
  • eksfoliasi
  • penghilangan komedo
  • pemberian masker kecantikan
  • pemijatan
  • pemberian nutrisi kulit

Bahan Dasar Pembuat Scrub untuk Kulit Wajah dan Badan

Kalian dapat menggunakan sayuran atau buah-buahan sebagai bahan pembuatan scrub. Karena kedua bahan tersebut di klaim kaya akan nutrisi. Tetapi untuk penggunaan bahan dasar scrub wajah pastikan menggunakan bahan-bahan yang smooth (lembut).

Sebagai contoh kamu dapat menggunakan gula merah dengan kombinasi minyak zaitun sebagai perekatnya, parutan lemon & airnya dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bahan dasar scrub yang akan diaplikasikan pada kulit badan Anda dapat menggunakan gula pasir dengan perpaduan strawberry, kacang almond, garam dan madu dan lain-lain.

Tujuan Utama Penggunaan Scrub

Faktanya penggunaan scrub itu berbeda-beda, tergantung pada masalah kulit yang dihadapinya. Menurut Esthetician Julia Alekperova, pemilik Salon & Spa Paul Labrecque di New York City mengatakan tujuan dari scrub wajah adalah untuk memperbarui dan menyegarkan kulit melalui proses yang disebut pengelupasan (eksfoliasi) kulit. (sumber liputan6.com).

Exfoliating Scrub

Scrub Itu Apa?
Proses Eksfoliasi atau Pengangkatan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit

Exfoliating atau eksfoliasi scrub termasuk ke dalam kegiatan fisikal. Dimana eksfoliasi adalah kegiatan menggosokan butiran scrub baik pada kulit wajah atau badan untuk mengangkat sel kulit mati. Kegiatan ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

Tekstur dari scrub itu sendiri sedikit kasar seperti butiran-butiran selayaknya pasir. Anda harus cermat ketika memilih produk eskfoliasi. Menurut ahli dermatologi, Joshua Zeichner M.D., dilansir dari beautynesia semakin kecil partikel scrub, justru semakin besar daya eksfoliasinya. So, pastikan memilih scrub dengan butiran yang kecil dan tidak tajam. Sehingga kulit akan lebih bersih dan terhindar dari micro-tear.

Kesalahan yang sering dilakukan orang yang menggunakan scrub yakni terlalu kuat dalam memberikan gosokan atau tekanan pada kulit. Hal tersebut yang dapat mengakibatkan iritasi dan luka pada kulit. Sebaiknya hindarilah gosokan yang terlalu kuat mulai sekarang.

Manfaat Scrub

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit wajah bersih dan cerah adalah melakukan scrubbing wajah secara rutin. Teknik perawatan wajah menggunakan scrub ini disebut juga dengan eksfoliasi mekanik.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat scrub untuk kulit wajah yang bisa kamu rasakan, diantaranya.

Meningkatkan Kadar Kolagen

Rutin melakukan scrubbing pada wajah merevitalisasi tekstur kulit wajah yang dapat menstimulasi kolagen. Dengan begitu, wajah akan terlihat kenyal, lebih segar dan juga tampak awet muda.

Menurut Dr. Schultz, eksfoliasi dapat dilakukan setiap hari, meskipun ada beberapa pengecualian. Dilansir dari laman thehealthy.com, selain membuang sel kulit mati, eksfoliasi juga merangsang produksi kolagen. Kolagen sendiri berfungsi untuk membantu pembentukan sel kulit baru dan menyehatkan kulit.

Membantu Mempercepat Proses Regenerasi Sel

Sejatinya, scrub atau eksfoliasi mekanik merupakan pengangkatan sel kulit mati. Dengan terangkatnya sel kulit mati yang cepat maka proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat. Efeknya adalah wajah tampak segar, bersih, halus dan bercahaya.

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Produksi minyak berlebih di wajah dapat menyebabkan berbagai permasalah kulit wajah. Maka untuk menghindarinya lakukan eksfoliasi secara mekanik menggunakan scrub.

Membantu Meratakan Warna Kulit

Sel kulit mati yang menumpuk mengakibatkan wajah menjadi tampak lebih kusam dan warna kulit menjadi tidak merata. Lakukan scrubbing untuk mengatasi masalah ini.  

Membantu Memaksimalkan Penyerapan Produk skincare

Apabila sel kulit mati terangkat dengan baik. Produk skincare akan menyerap secara lebih cepat sehingga memaksimalkan proses perawatan pada kulit wajah.

Dilansir dari mavendoctors.io, eksfoliasi yang benar akan menghilangkan sel kulit mati yang menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori sel dan membuka pertumbuhan sel baru di bawahnya. Pembukaan ini akan memungkinkan penetrasi produk pelembab lebih dalam ke dalam kulit sehingga membuat kinerja kosmetik lebih efektif. Singkatnya, eksfoliasi teratur akan membuat kulit anda tampak segar dan sehat.

Melancarkan Aliran Darah di Wajah

Dalam beberapa kasus, aliran darah yang kurang lancar di area wajah dapat menyebabkan beberapa masalah. Misalnya saja, wajah kusam, munculnya keriput, kulit kering, kulit pucat, dan jerawat. 

Menurut refa.com.sg, Memperbaiki sirkulasi darah di area wajah dapat membantu anda terlihat lebih muda dan kulit lebih halus. Pasalnya, nutrisi dan oksigen terdistribusi dengan baik melalui aliran darah yang lancar. Dengan sistem kardiovaskuler yang sehat, kamu bisa mendapatkan kulit cerah dan tampak lebih muda.

Saat melakukan scrubbing, kamu perlu melakukan pijatan ringan pada wajah dengan gerakan memutar. Kegiatan tersebut membantu melancarkan peredaran darah di sekitar wajah. Kulit wajah tidak hanya menjadi lebih cerah, tetapi juga tampak merona.

Fakta Penggunaan Scrub

  • Eksfoliasi istilah lainnya adalah pengangkatan sel kulit mati pada permukaan kulit. Sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam akan digantikan dengan sel-sel kulit baru. Sehingga kulit akan teampak lebih cerah dan bercahaya.
  • Regenerasi kulit yakni proses peremajaan kulit yang selelu terjadi setiap harinya. Dengan menggunakan perawatan scrub ini kulit Anda akan terlihat awet muda.
  • Menghilangkan Jerawat dan Komedo, kulit yang memiliki masalah jerawat dan komedo di sarankan untuk rutin menggunakan scrub. Minimal dalam satu minggu melakukan 2 kali scrubbing untuk mencegah kembalinya lagi komedo dan jerawat di wajah.
  • Antiaging dan Elastisitas, scrub baik sekali untuk mencegah keriput dan penuaan dini pada kulit. Selain itu dengan scrub kulit Anda akan lebih terasa lebih kenyal setelah menggunakannya.
  • Healthy Skin dan Fresh, kulit wajah akan terasa lebih segar dan sehat. Setelah Anda melakukan skin care treatment menggunakan scrub.

Jenis-jenis Scrub itu Apa dan Cara Pengaplikasian di Kulit

Scrub Wajah (Facial Scrub)

face scrub
Scrub wajah adalah perawatn kecantikan kulit yang paling umum

Scrub wajah adalah suatu prosedur perawatan kecantikan kulit dengan tindakan pada wajah. Kulit wajah merupakan kulit yang paling lembut dibanding kulit lainnya. Oleh karena itu, pilihlah produk scrub wajah dengan partikel-partikel yang kecil. Supaya tidak merusak permukaan kulit.

Penggunaan scrub wajah pada umumnya dilakukan 1 minggu 2 kali. Tetapi, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penggunaan scrub wajah. Tergantung dengan tipe kulit. Apabila kulit Anda berminyak, pastikan Anda lebih sering scrubbing. Supaya memudahkan kulit Anda untuk memproses penumpukan sel-sel kulit mati pada kulit wajah.

Sebaliknya, apabila kulit Anda termasuk tipe sensitif alangkah baiknya meminimalisir scrubbing pada kulit wajah Anda. Karena apabila over scrubbing dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit wajah.

Scrub wajah (facial scrub) biasanya produk berbentuk krim (cream-based) yang mengandung komponen eksfoliasi sehingga saat dipijatkan ke area kulit maka dapat membantu kulit lebih halus dengan cara mengangkat sel kulit mati (blog.reneerouleau.com, 2020).

Scrub wajah merupakan eksfoliasi mekanik yang dilakukan pada wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Eksfoliasi kulit wajah penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Dilansir dari laman tiege.com, pada umumnya scrub atau eksfoliasi dapat dilakukan 2 kali seminggu secara rutin. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan eksfoliasi setelah mencuci muka dan membilas wajah secara merata dengan air hangat.

Scrub Badan (Body Scrub)

body scrub
Body Scrub Treatment untuk mengeksfolisi kulit kusam di bagian tubuh

Scrub badan adalah salah satu kegiatan eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan badan. Lalu bagaimana dengan jadwal pengguan scrub pada kulit tubuh. Informasi dari hellosehat menyatakan dalam artikelanya melakukan scrubbing pada badan akan lebih jika sering dilakukan. Karena resistensi kulit tubuh tergolong cukup kuat. Sebagian para ahli kesehatan malah menyarankan scrubbing pada kulit badan yakni 3 kali dalam satu minggu.

Sebagian para ahli kesehatan menyarankan scrubbing kulit badan yakni 3 kali seminggu. Menurut lovebeautyandplanet.com, untuk awal penggunaan body scrub sebaiknya sekali seminggu. Kemudian, secara bertahap ditingkatkan hingga 3-4 kali per minggu. Jika kamu baru menggunakan teknik eksfoliasi, pertama cobalah pada area kecil di tubuh anda. Jika kamu tahu bahwa tipe kulit kamu adalah sensitif, maka konsultasikan dengan ahli dermatologi terlebih dahulu sebelum menggunakan body scrub.

Semoga kini anda makin faham tentang scrub itu apa.

Jenis Scrub Berdasarkan Tipe Kulit

Jenis scrub untuk diaplikasikan pada kulit ternyata berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa tipe jenis kulit yang baik untuk diaplikasikan scrub alami.

Kulit Normal

Untuk kulit yang jenisnya normal, papaya sangat cocok untuk dijadikan sebagai scrub. Membantu dalam mencerahkan kulit. Enzim papain yang terdapat pada papaya tersebut dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kusam secara maksimal.

Kulit Berminyak

Tipe kulit dengan jenis ini. Biasanya memiliki pori-pori yang besar. Sehingga disarankan ketika menggunakan scrub bahan alami yang mengandung asam salisilat seperti strawberry. Penggunaan secara rutin akan membantu mengurangi minyak pada kulit.

Kulit Kering

Kulit dengan jenis kering, disarankan untuk menggunakan scrub dengan bahan seperti kacang almond, alpukat dan zaitun. Kandungan minyak di dalamnya dapat membantu mengatasi kulit kering pada kulit Anda. Sehingga kulit Anda akan terlihat lembut ketika diraba.

Kulit Sensitif

Jika kulit Anda termasuk kulit yang sensitif. Pilihlah produk scrub dengan partikel-partikel yang halus untuk menjaga kesehatan kulit dari iritasi yang dapat diakibatkan dari butiran-butiran kasar dan tajam.

Perbedaan Scrub dan Lulur

Tahukah Anda perbedaan scrub dan lulur itu seperti apa? Berikut perbedaanya akan di uraikan secara gamblang mengenai tekstur dan cara pemakaian di bawah ini.

Tekstur

Tekstur scrub memiliki partikel-partikel yang kecil, sehingga tampak lebih halus di kulit ketika diaplikasikan. Sedangkan untuk lulur memiliki tekstur yang lebih kasar karena partikel-partikelnya yang besar. Untuk orang yang dengan tipe kulit sensitif lebih disarankan untuk menggunakan scrub sebagai perawatan kecantikan kulitnya.

Cara Pengaplikasian Scrub

Cara pengaplikasian antara keduanya pun berbeda. Untuk scrub sebaiknya diaplikasikan pada saat kulit dalam keadaan lembab yakni setelah mandi. Selanjutnya gunakan scrub secara merata ke kulit baik bagian wajah atau tubuh sambil berikan sedikit gosokan ke arah atas. Supaya kulit-kulit kotor yang menyumbat pori-pori terangkat.

Sebailknya lulur alangkah baiknya diaplikasikan sebelum mandi dan tunggu sampai setengah kering. Gosokan lulur secara merata sambil sedikit diberikan pijatan hingga seluruh butiran lulur terangkat.

Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Scrub?

Kapan waktu terbaik untuk scrub wajah? Inilah pertanyaan yang selalu dilontarkan oleh banyak perempuan saat akan melakukan perawatan kulit menggunakan scrub. Berikut penjelasan jadwal penggunaanya.

Dilansir dari hallosehat.com, umumnya melakukan scrubbing atau eksfoliasi mekanik sendiri di rumah tidak boleh terlalu sering, cukup 2 kali seminggu. Penggunaan tersebut sudah cukup untuk menjaga dan merawat kulit tetap cerah.

10 Rekomendasi Face Scrub yang Bagus

Nah, jika kamu sedang mencari scrub wajah yang bagus merk apa. Kamu bisa coba 10 rekomendasi merk scrub di bawah ini dari kami. Simak ulasanya secara lengkap di bawah ini.

Safi White Expert Deep Exfoliator

Face scrub butiran lembut dengan ekstrak Habbatussauda 

Pembersih wajah dengan kandungan butiran scrub yang lembut, diformulasikan dengan pH seimbang sehingga cocok untuk semua jenis kulit.

Kandungan bahan alami ekstrak Habbatussauda, Teknologi OxyWhite serta Apricot scrub membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan sel kulit hitam tanpa merusak kulit. Selain itu, membersihkan kotoran dan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori secara optimal.

Gunakan 2 atau 3 kali seminggu setelah membersihkan wajah. Kemudian aplikasikan pada bagian wajah dan leher. Pijat lembut dengan gerakan ke atas kemudian bilas.

Harga IDR 46, 800 (Netto: 72 gr)

Fresh Skin Apricot Scrub St. Ives

Fresh skin Apricot scrub + kulit kenari membantu mengangkat sel-sel kulit di wajah

Scrub yang terbuat dari Aprikot dan kulit kenari merupakan bahan eksfoliasi alami mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Fresh skin apricot St. Ives membantu membersihkan kulit secara mendalam dan membuat kulit lembut, halus dan bercahaya. Ditambah aroma segar dari buah Aprikot membuatnya nyaman saat digunakan.

Oleskan scrub ke ujung jari secukupnya. Kemudian ratakan pada bagian kulit yang akan dilakukan eksfoliasi dengan gerakan melingkar dan pijat. Lakukan secara bergantian. Bila sudah selesai bilas dan keringkan.

Gunakan Fresh skin apricot scrub 3-4 kali maksimal seminggu untuk hasil. Namun, itu pun tergantung kebutuhan kulit.

Harga IDR 83. 900 (Netto: 170 gr)

Apricot Jam Face Scrub Emina

Apricot jam face scrub Emina dengan Olive Oil

Butiran alami pada scrub wajah Emina terbuat dari campuran biji Aprikot dan Olive Oil, secara alami membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati.

Selain itu, melembabkan serta membersihkan kotoran di kulit wajah. Kulit wajah menjadi lebih cerah dan segar sejak pertama penggunaan.

Gunakan scrub Emina 2-3 kali seminggu untuk perawatan kulit normal. Sementara untuk perawatan kulit berminyak sangat disarankan untuk lebih sering menggunakannya. Supaya hasilnya lebih maksimal!

IDR 26.000 (Netto: 60 ml)

Himalaya Purifying Neem Scrub

Neem scrub Himalaya Herbal untuk kulit normal cenderung berminyak

Scrub berbahan alami terbuat dari daun Neem yang mengandung antibacterial dengan kebaikan membersihkan komedo dan jerawat. Sementaran Aprikot membantu mengangkat sel-sel kulit mati secara efektif dan menghidrasi kulit dengan baik.

Manfaat Himalaya Purifying Neem Scrub membantu membersihkan minyak berlebih dari permukaan kulit dan menghilangkan kotoran serta membantu meregenerasi sel-sel kulit baru.

Gunakan 2-3 kali seminggu Himalaya Purifying Neem Scrub. Oleskan dan pijat pada bagian wajah dan leher. Namun hindari penggunaan sekitar mata. Untuk hasil terbaik, gunakan scrub secara rutin.

IDR 40.000 (Netto: 100 ml)

Sariayu Econature Nutreage

Natural Origin face scrub Sariayu 

Scrub wajah dengan total bahan alami/natural origin yang mengandung organic pomegranate extract (Ekstrak buah Delima) dan collagen.

Membantu membersihkan kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati serta membuat kulit terasa halus, lembut dan tampak bercahaya. Selain itu, menghidrasi kulit secara efektif dan membantu menyamarkan kerutan-kerutan yang muncul di kulit.

IDR 82.000 (Netto: 50 gr)

Sariayu Facial Scrub Putih Langsat

Putih Langsat facial scrub bantu merangsang pertumbuhan sel kulit

Kebaikan dari butiran scrub mutiara di dalamnya mengangkat kotoran dan merangsang pertumbuhan sel kulit wajah. produk perawatan kulit dengan manfaat meremajakan kulit.

Facial scrub yang dapat membersihkan kulit wajah serta membuat kulit menjadi tampak lebih cerah tersusun atas ekstrak buah Langsat, Hibiscus, Pro. Vit, B5, dan Vit. C.

Cara yang tepat menggunakannya adalah oleskan pada wajah dan leher, lalu pijat perlahan dan bilas. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal gunakan 2 kali seminggu.

Harga IDR 33.200 (Netto: 75 gr)

Inez Mild Scrub Gel for Delicate Skin

Inez facial scrub tekstur gel terbaik dalam mengangkat kotoran serta sel kulit mati

Facial scrub dengan butiran polyethylene bertekstur gel bermanfaat mengangkat sel kulit mati sekaligus membersihkan kotoran secara efektif pada wajah.

Scrub yang diformulasikan untuk kulit wajah normal dan kering. Gunakan cukup 2 kali seminggu untuk perawatan kulit wajah yang tepat.

Cara pakainya, oleskan secukupnya facial scrub ke wajah dan ratakan. Gosok secara perlahan terutama bagian hidung, dagu dan leher. Berikan pijatan lembut agar sel-sel kulit mati terangkat secara maksimal. Lakukan scrubbing 2-3 menit untuk menyelesaikan setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keringkan.

Gunakan facial scrub Inez gel ini 2 minggu sekali secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Harga IDR 36.000

Sebamed Gentle Scrub         

Sebamed clear face gentle scrub merupakan pembersih extra lembut. Diformulasikan untuk kulit berminyak yang membersihkan sampai ke dalam pori-pori kulit dari lemak, minyak, dan sisa-sisa kotoran.

Namun pembersih wajah ini juga bisa digunakan untuk kulit berjerawat dan kulit sensitif. Sebamed gentle scrub membantu mengatasi permasalahan kulit seperti komedo, jerawat dan mengurangi minyak berlebih di wajah.

Selain itu, membantu mengangkat sel kulit mati, sebum dan kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit serta membersihkan dan menghasilkan kulit. Gunakan Gentle Scrub 1-2 kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati secara efektif.

IDR 220.000 (Netto: 150 ml)

The Body Shop Seaweed Pore-Cleansing Exfoliator

Exfoliator dengan campuran Seaweed membersihkan pori-pori sekaligus menyeimbangkan pH kulit wajah

Scrub wajah tekstur gel dengan butiran scrub membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Kebaikan alami dari Seaweed (rumput laut) membersihkan pori-pori dan menyeimbangkan kadar minyak sekaligus memberikan kesegaran pada kulit wajah.

Basahi wajah menggunakan air secara merata. Aplikasikan scrub secara dan pijat dengan gerakan memutar ke atas secara merata. Terakhir bilas menggunakan air.

IDR 199.000

Kesimpulan

Sudah tahu bukan sekarang, apa yang dimaksud dengan scrub secara lengkapnya. Mulai dari manfaat, penggunaan yang tepat hingga merk scrub yang bagus untuk wajah. Kamu bisa membeli di Apotik, drugstore atau secara online.

Lakukan scrubbing sesuai kebutuhan dan sesuai anjuran yang disarankan para ahli. Bagi kamu yang tertarik untuk membuat produk kosmetik seperti scrub menggunakan brand sendiri. Kamu bisa menghubungi PT. Adev Natural Indonesia, perusahaan jasa maklon kosmetik terpercaya yang mengutamakan pembuatan kosmetik menggunakan bahan alami.

Informasi lebih lengkap silahkan hubungi kontak adevnatural.com.

Informasi Jasa Maklon Kosmetik

Jika Anda tertarik untuk membuat produk kosmetik seperti scrub untuk wajah dengan menggunakan bahan alami. PT. ADEV Natural Indonesia, siap melayani. Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur kosmetik ini. Berdiri sejak tahun 2007 dan telah berpengalaman dalam memaklon kosmetik dengan kualitas yang unggul seperti membuat cream, lotion, parfume, sabun herbal, pembersih sepatu dan lainnya. Silahkan kontak adev natural untuk informasi lebih lanjutnya.

Referensi

Whelan, C., 2020. 10 Exfoliating Habits That Could Do Serious Damage To Your Skin. [online] The Healthy. Available at: <https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/exfoliating-mistakes/> [Accessed 7 July 2020].

Tags: arti scrub, scrub itu apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.