Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Manfaat kopi untuk kecantikan telah dirasakan oleh para wanita masa kini yang menggunakan kopi sebagai masker. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, kopi sering dicampurkan dengan bahan alami lain seperti garam dan jeruk nipis.

Bagaimana cara membuat masker kopi untuk wajah berminyak dan berjerawat? Yuk simak ulasan maklon kosmetik berikut.

Sejarah kopi

Pada abad ke-9, kopi pertama kali hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia di dataran tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Kandungan nutrisi kopi

Kopi menyimpan berbagai nutrisi seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigoneline, dan asam klorogenat. Kopi kaya akan polifenol, antioksidan yang juga ditemukan pada bahan makanan seperti teh, coklat dan juga beri. Kandungan ini bisa bekerja melawan radikal bebas dan juga memperlambat proses penuaan akibat kerusakan DNA.

Apa itu Kafein

Bicara tentang kopi, pasti kalian sudah sering dengar istilah kafein bukan? Berikut penjelesan, sejarah dan fungsi kafein dalam kopi

Senyawa alkaloid

Kafein adalah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafeina ditemukan oleh seorang kimiawan Jerman, Friedrich Ferdinand Runge, pada tahun 1819. Ia menciptakan istilah “kaffein” untuk merujuk pada senyawa kimia pada kopi. Kafeina juga disebut guaranina ketika ditemukan pada guarana, mateina ketika ditemukan pada mate, dan teina ketika ditemukan pada teh. Semua istilah tersebut sama-sama merujuk pada senyawa kimia yang sama.

Sumber kafein alami

Kafeina dijumpai secara alami pada bahan pangan seperti biji kopi, daun teh, buah kola, guarana, dan maté. Pada tumbuhan, ia berperan sebagai pestisida alami yang melumpuhkan dan mematikan serangga-serangga tertentu yang memakan tanaman tersebut. Ia umumnya dikonsumsi oleh manusia dengan mengekstraksinya dari biji kopi dan daun teh.

Peranan kafein untuk kulit

Kafein dalam kopi juga cukup berperan penting dalam untuk kulit. Kafein berfungsi sebagai konstruktor untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan. Kafein juga memiliki fungsi sebagai diuretik dan membuat sel-sel lemak terdehidrasi. Hal ini kemudian membuat kulit terlihat lebih halus dan kencang.

Kafein yang ditambah dengan antioksidan seperti polifenol dan asam hidrosinamik bermanfaat untuk peradangan kulit. Hal ini merupakan kabar baik untuk Anda yang bermasalah dengan jerawat sebagaimana antioksidan bisa membantu meredakan kemerahan dan radang pada kulit.

Kopi Untuk minuman

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang cukup banyak diminati masyakarat Indonesia. Saking sukanya, sebagian besar pecinta kopi bahkan tak akan melewatkan pagi hari mereka tanpa meminum secangkir kopi. Selain mampu menahan rasa kantuk, kabarnya kopi juga efektif untuk menenangkan dan membuat pikiran kembali segar.

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Selain untuk minuman, kopi juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan baku perawatan kulit. Berikut manfaat kopi untuk kecantikan.

manfaat kopi untuk kecantikan

Menyamarkan noda hitam bekas jerawat

Manfaat kopi antara lain untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat karena di dalam kopi terdapat kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat radikal bebas. Dengan demikian, wajah akan terlihat lebih cerah dan terbebas dari kulit kusam.

Meregenerasi sel kulit

Antioksidan pada kopi ini juga berfungsi untuk mengurangi resiko kanker kulit karena sifatnya yang ampuh memperbaiki sel-sel kulit yang rusak karena sinar matahari. Tidak hanya dapat mengangkat sel kulit mati secara maksimal, tapi juga merawat serta melembutkan kulit berkat vitamin E yang dikandungnya.

Menyembuhkan wajah sembab atau bengkak

Selain untuk kecantikan kulit, kopi juga mampu menyembuhkan pembengkakan pada wajah dan mata sembab. Itu dikarenakan kandungan methylxanthine memiliki efek diuretik yang mengurangi edema atau lembaran bengkak karena kelebihan retensi cairan.

Sudah faham apa manfaat kopi untuk kecantikan? Silakan share jika bermanfaat.

Sumber :
id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_kopi
id.wikipedia.org/wiki/Kafeina
doktersehat.com/5-manfaat-kopi-yang-bagus-untuk-kecantikan-wajah/
journal.sociolla.com/beauty/guide-beauty/manfaat-kopi-untuk-kecantikan-kulit/
kumparan.com/@kumparanstyle/4-manfaat-utama-kopi-untuk-kesehatan-kulit-yang-perlu-kamu-ketahui
liputan6.com/fashion-beauty/read/3569329/3-manfaat-mengejutkan-menambahkan-kopi-dalam-perawatan-kulit

Manfaat Kopi untuk Kecantikan
5 (100%) 2 votes

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.