Cara Cek No Resi BPOM & Keaslian Produk Kosmetik

Cara Cek No Resi BPOM & Keaslian Produk Kosmetik – Pernahkan anda membeli produk kosmetik dengan pengalaman yang tidak menyenangkan? Penyebabnya, bisa jadi produk yang Anda beli belum terdaftar di BPOM atau palsu. Produk ilegal semacam ini membuat khawatir karena bisa membahayakan kesehatan kulit. 

Nah, supaya tidak mengalami pengalaman tersebut, hendaknya sebelum membeli produk, seperti kosmetik, obat atau suplemen kesehatan, maka Anda perlu mengecek terlebih dahulu legalitas produk tersebut. Anda bisa memulainya dengan mengecek nomor NA. Selain itu, baca juga komposisi produk untuk memastikan produk bebas dari zat-zat yang berbahaya. 

Supaya anda tidak takut untuk memakai kosmetik yang anda beli, yuk cek legalitas produk lewat BPOM secara online. MaklonKosmetika.com telah merangkum cara membaca kode BPOM dan mengeceknya secara online.

Cara Membaca Kode atau No BPOM

Kosmetik yang sudah terdaftar di BPOM pastinya sudah memiliki kode edar yang ditandai dengan nomor NA (Notifikasi A). Anda dapat menemukan nomor resi pada bagian label kemasannya. Cara cek no resi BPOM asli atau palsu suatu produk kosmetik bisa dilakukan secara online melalui situs BPOM dan Dinkes P-IRT secara online.

No BPOM, tanda legalitas produk

Kita dapat melihat ciri legalitas produk kosmetik dengan mengecek nomor penanda atau nomor notifikasi kosmetik BPOM. Nomor notifikasi tersebut akan release apabila suatu produk kosmetik sudah mendapat persetujuan dari BPOM untuk diedarkan.

Kosmetik yang sudah terdaftar di BPOM secara resmi memiliki nomor registrasi. Nomor registrasi kawasan Asia sendiri ditandai dengan label NA (Notifikasi Asia). Setiap produk yang sudah terdaftar masing-masing akan diberikan 11 digit angka nomor NA yang berbeda. Kegunaan NA itu sendiri adalah untuk mengetahui bahwa produk tersebut sudah dijamin keamanannya oleh BPOM dan bisa diedarkan secara luas.

Arti Kode BPOM

Cara membaca kode notifikasi kosmetik cukup mudah. Kode notifikasi BPOM terdiri dari dua huruf awal yang menunjukkan benua, diikuti 11 angka yang artinya sebagai berikut:

  • 2 angka pertama menunjukkan kode negara,
  • 2 angka kedua tahun notifikasi,
  • 2 angka ketiga menunjukkan jenis produk,dan
  • 5 angka terakhir menunjukkan nomor urut notifikasi.

Kode benua :

  • NA = produk Asia (termasuk produk lokal).
  • NB = Produk Australia
  • NC = produk Eropa.
  • ND = Produk Afrika
  • NE = produk Amerika.

Contoh: suatu produk memiliki nomor notifikasi NA 18160500043, maka artinya adalah:

  • NA, maka produk tersebut merupakan produk asia 
  • 18, adalah negara Indonesia
  • 16,artinya memperoleh notifikasi di tahun 2016
  • 05 adalah kode produk
  • 00043 adalah nomor notifikasinya

Kini, anda sudah tahu cara membaca no BPOM.

Selanjutnya, yuk pelajari cara mengecek no bpom kosmetik.

Cara Mengecek No BPOM Yang Terdaftar

Opsi pengecekan legalitas produk di web BPOM

cara cek no resi bpom

Badan POM RI memberikan beberapa opsi bagi user untuk melakukan pengecekan produk yang terdaftar. Anda bisa memastikan apakah produk yg anda gunakan terdaftar di BPOM atau tidak melalui pengecekan:

  • Nomor Registrasi
  • Nama Produk
  • Merk
  • Jumlah dan Kemasan
  • Bentuk Sediaan
  • Komposisi
  • Nama Pendaftar
  • NPWP Pendaftar

Cara mengecek no bpom produk melalui Nomor Registrasi

cara cek no bpom via nomor registrasi

Pengecekan nomor NA di website resmi BPOM bermanfaat untuk memastikan bahwa produk yang anda gunakan sudah terdaftar dan legal. Kali ini kami coba jelaskan cara pengecekan legalitas produk dengan input  “Nomor Registrasi” di website BPOM:

  1. Buka alamat situs BPOM https://cekbpom.pom.go.id/ di browser anda atau tulis “cek bpom online” di Google. 
  2. Pilih menu “Nomor Registrasi” untuk pencarian 
  3. Masukkan nomor NA yang tertera di label produk di kolom pencarian dan tekan tombol “Cari”. 
  4. Bila produk tersebut terdaftar di Badan POM, maka anda bisa membaca Informasi seputar produk seperti: NA produk kosmetik, nama produk, tanggal terbit, Merk, Jenis kemasan, dna perusahaan yang membuat.
cara mengecek no bpom produk

Jika nomor NA di kemasan tidak sesuai dengan yang ada di website, kemungkinan produk kosmetik yang Anda gunakan belum lulus uji dari BPOM. Selain itu, jika nomor registrasi pada kemasan tidak sama dengan yang terdaftar bisa jadi produk yang Anda beli itu palsu.

Selain melakukan pengecekan produk melalui nomor NA BPOM, anda dapat melakukan pengecekan melalui merek produk. Dengan fitur ini, anda bisa menemukan seluruh NA POM yang terdaftar dengan merek tertentu.

Cara mengecek keaslian no BPOM melalui merek produk

cara cek no bpom kosmetik
cara cek no bpom kosmetik

Alternatif lain untuk membuktikan bahwa produk kosmetik sudah terdaftar yakni dengan cara mengecek merk.  Jika masih tidak bisa menemukan nomor registrasi, nama produk dan bentuk produknya, Anda bisa melakukan hal berikut.

Carilah produk berdasarkan nama merk sehingga Anda bisa menemukan semua jenis dan merk kosmetik. Termasuk produk-produk yang bahkan belum di-launching ke permukaan.

Cara cek originalitas produk berdasarkan pendaftar

Produk asli biasanya hanya diproduksi oleh perusahaan tertentu. Meskipun NA produk terdaftar di BPOM bisa saja produk tersebut palsu. Untuk meminimalisir pemalsuan produk, PT adev natural Indonesia membuat sistem untuk melakukan pengecekan originalitas produk secara online.

Produk kosmetik dan sabun asli yang hanya diproduksi oleh PT ADEV Natural Indonesia dapat anda cek keasliannya melalui tautan http://cek.adevnatural.co.id/.

Salah satu cara untuk mengecek keaslian produk sabun tersebut asli adalah memastikan bahwa produk tersebut memang dibuat oleh produsennya, yakni PT. Adev Natural Indonesia. Caranya adalah

  1. Kunjungi laman http://cek.adevnatural.co.id/ atau download aplikasinya di Plasytore via https://play.google.com/store/apps/details?id=inialdan.adev.cekasli&hl=en
  2. Masukan Kode Produk, Kode Aktivasi dan Nomor Produk Kedalam Form. Lihat :
    1. Kode Produk
    2. Kode Aktivasi
    3. Nomor Produk
    4. Expired date
  3. Jika produk tersebut memang buatan pt adev natural Indonesia, maka akan muncul pemberitahuan “Produk Anda Asli Buatan Kami“

Cara cek originalitas produk buatan adev dapat anda baca di tautan https://adevnatural.com/cara-mengecek-keaslian-produk/ atau lihat tayangan video berikut ini.

Hati-hati Produk Palsu! Bahaya!

Fenomena saat ini adalah masih banyak beredar produk kosmetik yang belum terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Apabila suatu produk belum mengantongi izin edar dari BPOM berupa nomor registrasi, maka membahayakan keamanan dan keselamatan konsumen,.

Menurut Budhi Djanu (Kepala Biro Hukum dan Humas BPOM), dilansir dari beritasatu.com menjelaskan produk kosmetik tersebut dipastikan belum melakukan pengecekan kandungan bahan, produksi, dan pengemasannya.

Pengecekan tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat dari bahaya peredaran kosmetik ilegal termasuk kemungkinan penggunaan bahan berbahaya dalam kosmetik. Temuan produk kosmetik menggunakan bahan berbahaya ini didominasi oleh kandungan pewarna yang dilarang (merah K3 dan rhodamin), cemaran logam berat Pb, dan pemutih (merkuri).

Sebenarnya, syarat untuk mendapatkan nomor registrasi atau izin edar suatu kosmetik itu tidak sulit baik untuk kosmetik impor maupun kosmetik lokal. 

Kesimpulan

Jadi, marilah lebih teliti lagi saat membeli suatu produk. Pastikan produk kosmetik yang Anda beli sudah terdaftar di BPOM. Cobalah untuk mengecek langsung secara online.

Terkait dengan produk kosmetik halal dan legal, bagaimana jika Anda memproduksinya dengan merek sendiri?

Jika memproduksi kosmetik di PT. ADEV Natural Indonesia, Anda tidak akan menemukan produk kosmetik tanpa nomor BPOM ilegal. Anda juga bisa mendaftarkan nama merek dan sertifikasi halal lewat perusahaan ini.ADEV Natural Indonesia menjamin semua produknya akan langsung didaftarkan secara resmi di Badan POM.

Anda tidak perlu takut adanya produk yang palsu. Yuk, tunggu apalagi miliki produk kosmetik dengan nama sendiri bersama ADEV Natural Indonesia.

Tags: cek resi bpom, cek resi bpom kosmetik

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.