Kosmetik Sudah Terdaftar di BPOM, Ini Cara Mengeceknya

Kosmetik Sudah Terdaftar di BPOM, Ini Cara Mengeceknya

Kosmetik yang sudah terdaftar di BPOM pastinya sudah memiliki sertifiksdi yang ditandai dengan nomor NA (Notifikasi Asia) atau sering disebut juga nomor resi pada bagian kemasannya. Cara mengecek resi BPOM asli atau palsu suatu produk kosmetik bisa dilakukan secara online melalui situs BPOM dan Dinkes P-IRT secara online.

Pernahkan anda membeli produk kosmetik dengan pengalaman yang tidak menyenangkan? Produk yang Anda beli ternyata belum terdaftar di BPOM sehingga membuat khawatir kalau kosmetik tersebut palsu. Anda sampai takut untuk memakainya dan akhirnya kosmetik tersebut tidak jadi digunakan.

Nah, supaya tidak mengalami pengalaman tersebut, hendaknya sebelum membeli produk kosmetik, obat dan lainnya Anda mengecek terlebih dahulu keaslian produk. Mulai dari cek nomor NA dan komposisi untuk memastikan produk bebas dari zat-zat yang berbahaya. Yuk, cek keaslian produk lewat BPOM online dengan mengikuti cara-cara yang sudah dirangkum oleh Maklon kosmetika di bawah ini!

Mengecek Nomor Registrasi

Kosmetik Sudah Terdaftar di BPOM
Kosmetik Sudah Terdaftar di BPOM

Kosmetik yang sudah terdaftar di BPOM secara resmi memiliki nomor registrasi. Nomor registrasi kawasan Asia sendiri ditandai dengan label NA (Notifikasi Asia). Setiap produk yang sudah terdaftar masing-masing akan diberikan 11 digit angka nomor NA yang berbeda. Kegunaan NA itu sendiri adalah untuk mengetahui bahwa produk tersebut sudah dijamin keamanannya oleh BPOM dan bisa diedarkan secara luas.

Mengecek Nomor NA dengan Seksama di Website BPOM

Kosmetik Sudah Terdaftar di BPOM
Kosmetik Sudah Terdaftar di BPOM

Melakukan pengecekan nomor NA di website resmi BPOM untuk memastikan bahwa produk yang kamu gunakan sudah terdaftar. Coba lakukan pengecekan dengan memasukan nomor NA pada kolom “Nomor Registrasi” di website BPOM.

Pertama, masukkan alamat situs BPOM https://cekbpom.pom.go.id/ atau tulis “cek bpom online” pada kolom pencarian browser. Setelah itu, pada bagian “Cari Produk” pilih “Nomor Registrasi” di kolom “Cari Berdasarkan”. Kemudian, masukkan nomor NA di kolom “Kata Kunci” dan tekan “Cari”. Informasi seputar produk kosmetik lengkap dengan nama produk, perusahaan yang membuat dan nomor NA akan tertera.

Menyesuaikan nomor NA yang tertera di produk dengan di website BPOM

Kosmetik Sudah Terdaftar di BPOM
Contoh Kosmetik Sudah Terdaftar di BPOM

Ketika Anda sudah mendapatkan nomor NA tertera pada website resmi BPOM, bukan berarti pengecekan selesai. Lakukan pengecekan ulang untuk menyesuaikan nomor NA yang ada pada kemasan dengan yang tertera di website.

Jika nomor NA di kemasan tidak sesuai dengan yang ada di website, kemungkinan produk kosmetik yang Anda gunakan belum lulus uji dari BPOM. Selain itu, jika nomor registrasi pada kemasan tidak sama dengan yang terdaftar bisa jadi produk yang Anda beli itu palsu.

Tidak Lupa Mengecek Ulang Merk Kosmetik

Alternatif lain untuk membuktikan bahwa produk kosmetik sudah terdaftar yakni dengan cara mengecek merk.  Jika masih tidak bisa menemukan nomor registrasi, nama produk dan bentuk produknya, Anda bisa melakukan hal berikut.

Carilah produk berdasarkan nama merk sehingga Anda bisa menemukan semua jenis dan merk kosmetik. Termasuk produk-produk yang bahkan belum di-launching ke permukaan.

Jadi, marilah lebih teliti lagi saat membeli suatu produk. Pastikan produk kosmetik yang Anda beli sudah terdaftar di BPOM. Cobalah untuk mengecek langsung secara online.

Terkait dengan produk kosmetik halal dan legal, bagaimana jika Anda memproduksinya dengan merek sendiri?

Jika memproduksi kosmetik di PT. ADEV Natural Indonesia, Anda tidak akan menemukan produk kosmetik tanpa nomor BPOM ilegal. Anda juga bisa mendaftarkan nama merk dan sertifikasi halal lewat perusahaan ini.

ADEV Natural Indonesia menjamin semua produknya akan langsung didaftarkan secara resmi di Badan POM. Anda tidak perlu takut adanya produk yang palsu. Yuk, tunggu apalagi miliki produk kosmetik dengan nama sendiri bersama ADEV Natural.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.