Tahapan menggunakan basic skin care yang benar untuk kesehatan kulit. Sekarang terdapat rangkaian skin care dari berbagai merk seperti Wardah, Emina, Safi, Hada Labo, Innesfree dan lainnya. Maklon kosmetika akan menghadirkan sajian unik dan menarik. Seputar tips menggunakan basic skin care yang baik dan benar. Meskipun masih dalam tahapan basic skin care. Buat yang ingin lebih tau. Yuk, langsung cek di artikelnya.

Perawatan kulit familiar disebut dengan skin care. Taukah kamu skin care itu apa? Skin care adalah suatu prosedur perawatan kulit yang spesifik sesuai kebutuhan. Pengaplikasian skin care ini, ternyata lebih penting daripada make-up.

Namun, perempuan mostly lebih sering menggunakan make-up dibanding skin care. Faktanya skin care mampu menutrisi kulit. Karena skin care dapat menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang. Sedangkan make up hanya menutupi masalah kulit sesaat.

Selain itu, perlu diketahui juga jenis produk-produk skin care. Supaya tidak salah dalam mengaplikasikannya. Basic skin care yang paling umum digunakan seperti cleanser, toner, moisturizer dan sunscreen.

Nah, sudahkah kamu memiliki produk basic skin care diatas? Untuk menopang penampilan kulit agar selalu tampil on point dan sehat setiap saat. Berikut ini tahapan penggunaan basic skin care pada kulit yang benar. Simak pembahasaanya dalam tulisan berikut ini. Dengan demikian pengetahuan kamu bertambah mengenai prosedur routin skin care. Serta menyadarkan kamu untuk lebih aware terhadap kesehatan kulit. Minimal setelah membaca tulisan ini, kamu melakukan perawatan terhadap kulit wajah.

Step Menggunakan Basic Skin Care

Tahapan Menggunakan Basic Skin Care dengan Benar
Beberapa rangkaian Basic Skin Care yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan kulit.

Cleanser

Sebagai permulaan dalam melakukan perawatan kulit. Pastikan selalu membersihkan area wajah, seperti mencuci muka. Berdasarkan artikel yang dilansir dari hipwee.com, menyebutkan bahwa mencuci muka menggunakan sabun saja tidak cukup. Oleh karena itu, sangat diperlukan sekali teknik double cleansing. Apakah itu? Double cleansing merupakan teknik membersihkan wajah menggunakan produk pembersih wajah khusus. Dimana semua kotoran dapat terangkat secara maksimal. Pasalnya facial wash hanya berkerja menghilangkan sisa kotoran yang menempel di permukaan wajah. Tidak sampai membersihkan seluruh kotoran di bagian dalam kulit. Teknik double cleansing bertujuan untuk mencegah timbulnya jerawat, komedo, flek hitam dan masalah kulit lainnya.

Beberapa jenis produk double cleansing, yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan wajah sesuai tipe kulit.

Cleansing Milk

Cleansing milk atau milk cleanser memiliki tekstur yang sangat lembut. Sehingga tidak perlu khawatir kulit wajah terluka. Double cleansing jenis ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Salah satu merk milk cleanser paling popular yakni Viva. Selain produknya bagus dan harganya pun terjangkau. Cara menggunakannya ambil produk secukupnya ke tangan, kemudian oleskan ke seluruh permukan wajah. Tetapi hindari penggunaan sekitar mata supaya tidak terjadi iritasi. Pijat secara perlahan untuk meratakan dan gunakan kapas untuk menghapus kotoran. Setelah itu, bilas menggunakan air untuk memastikan wajah bersih dari kotoran.

Cleansing Oil

Pembersih wajah yang terbuat dari bahan minyak ini, lebih cocok digunakan untuk membersihkan tipe kulit kering. Bahan dasar minyaknya dapat melembabkan kulit. Kaunggulan lainnya yang ditonjolkan dari cleanser jenis ini, yakni formulanya dapat melunturkan seluruh make up, lho. Include, make up yang waterproof guys. Serta formula minyak ini berguna dalam membersihkan wajah sampai ke pori-pori. Sehingga dapat menutrisi dan melembabkan kulit secara alami. Berikut beberapa rekomendasi merk cleansing oil yang bisa digunakan. Biore Make up Remover Cleansing Oil, Nature Republik Forest Garden Chamomile Cleansing Oil, Emina Trace Less Cleaser Oil dan lain sebagainya.

Cara penggunaananya hampir sama dengan milk cleanser. Tuangkan cleasing oil secukupnya pada kapas, kemudian oleskan ke seluruh muka dan pijat untuk menghilangkan kotoran. Cleanser oil dapat digunakan ke area mata dan bibir karena mudah meresap dan minim menyebabkan iritasi. Terakhir jangan lupa bilas menggunakan air bersih.

Cleansing Water

Pembersih berbahan air menjadi paling laris di dunia kecantikan. Cleansing water sering disebut juga dengan Micellar cleansing water. Karena bahan dasarnya air, sehingga pada saat diaplikasikan di kulit tidak akan terasa lengket. Untuk variannya terdapat dua jenis, yakni untuk kulit sensitive dan acne prone. Sebagai contoh merknya kamu bisa menggunakan produk dari Garnier dan Nivea.

Kelebihan dari cleansing water ini. Bisa digunakan saat kamu dalam keadaan terburu-buru. Karena penggunaanya yang praktis yakni cukup tuangkan produk ke kapas dan usapkan ke seluruh wajah. Jika penggunaan make up berat, maka kamu harus berkali-kali membersihkannya. Agar make up terhapus secara optimal.

Jadi, penggunaan produk cleanser juga penting. Untuk membersihkan wajah dari make up, kotoran dan debu. Jangan lupa gunakan cleanser sesuai kebutuhan wajah setelah beraktivitas seharian. Supaya kotoran di pori-pori tidak menimbulkan permasalahan kulit seperti komedo dan jerawat. Maka rajinlah melakukan teknik double cleansing, mulai dari menggunakan produk cleanser dan mencuci muka menggunakan sabun atau facial wash.

Toner

Toner merupakan suatu cairan yang diformulasikan, untuk menghilangkan kotoran sejenis minyak dan sisa make up pada kulit dalam skin care. Secara umum, pengaplikasian toner dilakukan setelah membersihkan wajah. Penggunaan toner yakni untuk mempersiapkan wajah menerima produk perawatan lainnya. Saking banyaknya produk toner kamu bisa menggunakan sesuai kebutuhan kulit. Seperti halnya toner untuk kulit kering dengan kandungan Hyaluronic Acid atau glycerin sebagai bahan utamanya. Sedangkan untuk tipe kulit berminyak. Gunakan toner yang mengandung zink dan astringent untuk mengontrol minyak berlebih di wajah. Hindari untuk menggunakan toner yang mengandung alkohol. Karena akan menyebabkan iritasi bagi kulit berminyak. Sedangkan untuk kulit kering bisa mengakibatkan kulit dehidrasi.

Moisturizer

Basic skin care berikutnya yakni pelembab atau moisturizer. Sebagaimana yang kita ketahui moisturizer berfungsi sebagai pelembab kulit. Kelembaban kulit akan terkunci atau terjaga, setelah pemakaiannya. Produk yang satu ini wajib kamu gunakan setiap hari. Meskipun kamu tidak melakukan aktivitas diluar ruangan sekalipun. FIY, penggunaan moisturizer perlu dilakukan pada semua jenis kulit. Tidak terkecuali untuk jenis kulit sensitive.

Beragam jenis moisturizer yang bisa digunakan sesuai kebutuhan kulit. Mulai dari moisturizer kulit berminyak, kering dan kombinasi. Beberapa merk moisturizer lokal yang bagus untuk melembabkan dengan harga yang murah. Seperti Wardah Purifying Moisturizer Gel, Pixy Radiant Finish Lightning Cream Spotcare Beauty, Citra Hazeline Peraly White UV, Nature-E Daily Face Cream dan lain sebagianya.

Sunscreen

Basic skin care yang terakhir ini juga sangat penting, lho. Gunakan selalu sunscreen atau tabir surya dengan minimal SPF 30. Untuk menangkal sinar matahari atau UV dan radikal bebas. Penyebab munculnya kanker kulit (melanoma), mencegah penuan dini dan kerusakan kulit lainnya. Meskipun sudah menggunakan sunscreen sebaikanya, tidak terlalu lama juga berada di bawah sinar matahari.

Karena melakukan skin care sangat penting untuk kesehatan kulit. Jadi, mulai sekarang hindari skip care pada kulit okay. Selain itu, kulit akan terawat dan ternutrisi sehingga kesehatannya terjaga. Tetapi gunakan skin care secara rutin untuk mendapatkan kulit bersih dan sehat secara optimal. Dan yang lebih kerennya lagi skin care dapat meminimalisir penggunaan make up. Kulit cantik secara alami bukan dari cover make up. Melainkan dari kulit yang sehat. Jangan lupa gunakan skin care sesuai step yang diberikan diatas.

Tahapan Menggunakan Basic Skin Care dengan Benar
3.3 (66%) 10 votes