Bibir Kering & Pecah-Pecah: Definisi, Penyebab, Pencegahan dan Mengatasi

Bibir Kering & Pecah-Pecah: Definisi, Penyebab, Pencegahan dan Mengatasi

Bibir kering dan pecah-pecah dapat diatasi melalui lip treatment. Tapi, jangan terburu-buru. Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan produk lip treatment, kamu mesti tahu definisi bibir kering & pecah-pecah. Dengan demikian, kamu dapat melakukan pencegahan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan baik dan benar.

Definisi apa itu bibir kering

Definisi bibir kering hasil dari pengembangan kata ‘kering’di KBBI, yaitu kondisi dimana kulit bibir tidak lembab atau tidak ada airnya lagi. Bibir yang kering akan mengakibatkan kulit bibir pecah-pecah, dan tidak indah untuk di pandang.


Gambar ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah pada perempuan

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah

Apakah kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini? Ternyata, hal itu dapat menyembabkan bibir kamu kering dan pecah-pecah lho. Maklon Kosmetika akan membahasnya satu per satu di sesi berikut ini.

Dehidrasi

Dehidrasi dalam ilmu fisiolagi, yakni kondisi dimana terjadi kekurangan kandungan air pada tubuh secara keseluruhan, disertai dengan gangguan proses metabolisme tubuh (Wikipedia). Dehidrasi ringan biasanya ditandai dengan rasa haus dan kurang enak badan. Hal tersebut berpengaruh juga, terhadap bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Akibat kekurangan asupan cairan di dalam tubuh.

Bernapas Lewat Mulut

Hayo, siapa di sini yang masih suka bernapas lewat mulut. Selain hal tersebut tidak baik untuk kesehatan, karena langsung menghirup oksigen tanpa ada penyaringan, seperti di hidung. Ternyata, dapat mengakibatkan bibir kering. Udara yang lewat saat bernapas melalui mulut dapat menghilangkan kelembaban bibir.

Menjilat Bibir

Kebiasaan yang seperti ini sering sekali di lakukan oleh kita semua. Apalagi, saat bibir terasa kering, tanpa sadar kita menjilatnya secara terus-menerus. Meskipun, kebiasaan itu dapat memberikan kelembaban sementara pada bibir. Tetapi, hal itu malah mengakibtakan bibir menjadi tambah kering.

Air liur berfungsi sebagai enzim pembantu dalam mencerna makanan, bukan sebagai pelembab kulit bibir. Air liur akan cepat menghilang karena menguap, jika terkontaminasi dengan udara luar. Akibatnya, bibir kembali kering dan mengelupas (pecah-pecah).

Menggigit Bibir

Perasaan gugup dan cemas, atau sedang berpikir keras terhadap sesuatu. Secara tidak sadar, kita sering malakukan kebiasaan menggigit bibir baik bagian atas atau pun bawah. Saat menggigit bibir dengan gigi, secara otomatis bibir akan teriritasi kemudian membuat lapisannya retak, bahkan sampai berdarah. Oleh karena itu, kebiasaan ini juga tidak baik di lakukan untuk kesehatan bibir kamu lho. So, pastikan kamu banyak ngurangin-ngurangin kebiasaan ini ya.

Makanan Asin atau Pedas

Memang mengkonsumsi makanan yang asin-asin, seperti snack sedap tiada tara. Apalagi, di tambah bumbu pedas di dalamnya. Dijamin deh, menyegarkan kembali otakmu. Setelah seharian berpikir. Namun, kebiasaan itu juga tidak baik bagi kesehatan bibirmu. Kenapa? Makanan asin yang mengandung banyak garam di dalamnya bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Begitu pula dengan makanan pedas dapat membuat bibirmu makin kering dan pecah-pecah.

Cara Mencegah Bibir Kering dan Pecah-pecah

Jika, kamu ingin mencegah kerusakan yang terjadi pada bibir, seperti bibir kering dan pecah-pecah. Alangkah, baiknya kamu mengetahui role play yang satu ini.

Minum Banyak Air

Selalu ingat dalam satu hari kita membutuhkan 8-12 gelas asupan air untuk memenuhi kebutuhan. Meskipun air tidak hanya di dapat dari minum saja. Tetapi akan lebih baik, jika kemu juga melakukannya.

Kurangin Konsumsi Makanan Asin dan Pedas

Jika, kamu salah seorang penyuka makanan asin dan pedas. Ada baiknya mulai sekarang kurangi deh kebiasaan mengkonsumsi kedua makanan tersebut. Supaya kamu lebih sehat dan kulit bibirmu tetap indah terawat.

Memakai Lip Balm atau Scrub Bibir

Produk bibir yang satu ini, dapat dijadikan sebagai solusi terbaikmu. Untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Menggunakan lip balm atau scrub bibir dapat membuat bibir tetap lembab. Mengandung minyak yang sebagai penghalau bibir kering dan pecah-pecah. Serta kandungan vitamin di dalmnya dapat membantu meregenerasi jaringan kulit sebagai perlindungan.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir yang indah, merah merona, dan lembab menjadi keinginan semua banyak orang, khusunya wanita. Berbagai lip treatment atau perawatan bibir pun dilakukan, demi mewujudkan keinginannya mempunyai bibir indah. Seperti menggunakan produk lip treatment, perawatan di salon, hingga konsusmsi berbagai vitamin.

Nah, itu tadi kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Kira-kira kebiasaan buruk mana yah, yang belum kamu tinggalkan. Mendingan segera hentikan mulai dari sekarang.

Informasi Jasa Maklon Kosmetik

FYI, buat kamu yang tertarik untuk membuat produk kecantikan, seperti produk untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan menggunakan label sendiri. Anda dapat menghubungi PT. ADEV Natural Indonesia, yang beralamat di Jl. Curug Mekar, RT.02/RW.04 Desa Curug Mekar Kec. Bogor Barat Kota Bogor, Indonesia. Atau kamu dapat menghubungi no 08129701812, untuk informasi biaya dan harga maklonnya.

Bibir Kering & Pecah-Pecah: Definisi, Penyebab, Pencegahan dan Mengatasi
Rating artikel ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.