Bedak Pemutih yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bedak Pemutih yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bedak pemutih yang aman dan bagus untuk ibu hamil dan menyusui menurut BPOM harus memiliki beberapa karakteristik, seperti komposisi penggunaan bahan yang aman dan pastinya halal untuk dipakai. Bedak yang aman seharusnya dapat digunakan untuk semua kalangan. Termasuk remaja juga dapat menggunakan bedak pemutih wajah semacam itu untuk membuat kulit wajah cerah.

Sensitivitas Kulit yang Tinggi Pada Ibu Hamil dan Menyusui

Pada saat hamil dan menyusui, kulit seorang ibu bisa menjadi sangat rentan. Sensitivitas kulit yang tinggi pada ibu hamil dan menyusui dapat mengakibatkan berbagai permasalahan seperti kulit berminyak, jerawatan, malesma, pigmentasi, ruam, dan iritasi kulit.

Pada dasarnya semua perempuan ingin terlihat cantik meski sedang dalam masa kehamilan atau menyusui. Dua hal tersebut bukanlah suatu alasan untuk tidak tampil cantik di depan orang-orang tersayang.

Ibu hamil dan menyusui biasanya dilarang menggunakan produk-produk kecantikan karena terlalu riskan untuk kesehatan janin. Padahal, pernyataan itu tidak semuanya benar. Anda masih bisa menggunakan beberapa produk kecantikan yang teruji aman untuk janin.

Kali ini, Maklon Kosmetika akan membahas seputar bedak pemutih yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Mulai dari bahan kosmetik yang harus dihindari dan karakteristik bedak pemutih yang aman. Yuk, disimak!

5 Bahan Kosmetik yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil dan Menyusui

Bedak Pemutih yang Aman
                                                 Bedak Pemutih yang Aman

Produk kosmetik tidak semuanya mengandung bahan-bahan aman. Ada beberapa kosmetik yang mengandung zat-zat berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih kosmetik terutama untuk ibu hamil dan menyususi.

Menurut dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario SP.OG & Pina Bozzo, dkk dalam jurnal NCBISafety of skin care products during pregnancy”,di bawah ini beberapa  zat-zat yang harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui diantaranya:

Merkuri

Merkuri merupakan zat berbahaya yang tidak boleh digunakan dalam produk kecantikan. Merkuri dalam kosmetik sering dijadikan sebagai pemutih. Zat ini tidak hanya berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui. Melainkan harus dihindari oleh semua kalangan.

Merkuri bersifat korosif pada kulit sehingga dapat mengakibatkan kulit menipis, kanker kulit, kerusakan ginjal dan kerusakan sistem saraf.

Hydroquinone

Hydroquinone digunakan dalam produk kosmetik sebagai obat untuk mengurangi hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit. Zat yang sebenarnya berbahaya bagi kesehatan kulit ini biasanya digunakan sebagai produk pemutih.

Efek samping yang ditimbulkan zat Hyrdoquinone, dilansir dari jurnal Spinger Plus tentang “Mercury and hydroquinone content of skin toning creams and cosmetic soaps, and the potential risks to the health of Ghanaian women” adalah toksinitas yang dapat membuat kerusakan pada ginjal, hati, keracunan, muntah darah, kayang dan bahkan membuat rusak organ pada janin untuk ibu hamil.

Turunan Vitamin A

Turunan vitamin A yang berbahaya adalah retinoid topikal. Zat ini biasanya digunakan untuk obat jerawat. Ibu hamil dan menyusui umumnya memiliki kulit sensitif dan cenderung berjerawat sehingga rawan menggunakan produk ini.

Meskipun bagus untuk mengatasi jerawat, Anda perlu berhati-hati karena retinoid topikal  dapat mengakibatkan kecacatan fisik dan mental pada janin. Nama lain dari zat retinoid adalah retinoic acid, retinyl palmitate, retinaldehyde, adapalene, tretinoin, tazarotene dan isotretinoin.

PABA (Para Amino Benzoic)

Produk kecantikan dengan komposisi Para Amino Benzoic biasa terdapat pada produk tabir surya atau sunscreen. Ibu hamil dan menyusui yang menggunakan kosmetik dengan bahan ini bisa mengalami gangguan hormon dan mengakibatkan kulit menjadi lebih gelap dari biasanya. Selain itu, ibu hamil dan menyusui rentan terhadap hiperpigmentasi sehingga kulit akan sangat mudah terkena bintik-bintik hitam.

Rhodanim

Rhodanim merupakan suatu pewarna tekstil yang masih sering ditemukan pada kosmetik. Pewarna ini sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kanker kulit secara umum dan kecacatan pada janin.

Ciri kosmetik dengan kandungan zat berbahaya salah satunya adalah warna produk yang sangat mencolok. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati jika menemukan make-up dengan warna yang mecolok.

Ibu hamil dan menyusui lebih baik menggunakan kosmetik dengan komposisi yang aman. Lebih baik lagi jika tidak menggunakannya  sama sekali terlebih dahulu jika tidak ada permasalahan yang signifikan pada kulit.

Selain itu, jika ibu hamil ingin menggunakan kosmetik, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Kemudian, pastikan kosmetik yang digunakan sudah terdaftar di Badan POM dan memiliki label halal. Hal ini dilakukan untuk mencegah dampak negatif pada janin maupun sang ibu. Namun, pada intinya, ibu hamil dan menyusui masih bisa menggunakan bedak untuk mencerahkan kulit wajah dengan memerhatikan kandungannya.

Karakteristik Bedak yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Langkah-langkah di bawah ini dapat dilakukan untuk mengenali bedak pemutih yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Komposisi Bahan yang Aman

Semua produk kosmetik baik bedak atau yang lainnya bisa dikatakan aman jika komposisi bahan yang digunakan tidak mengandung zat-zat berbahaya. Beberapa zat berbahaya yang harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui antara lain merkuri, hydroquinone, retinoid, obat untuk mengatasi jerawat seperti asam salisilat, PABA dan sebagiannya.

Oleh karena itu,  sangat penting untuk membaca dengan seksama komposisi produk kosmetik yang hendak digunakan.

Terdaftar di Badan POM

Semua produk kosmetik baik bedak, pemutih wajah, lipstik, krim ataupun yang lainnya harus sudah terdaftar secara resmi di BPOM. Produk kosmetik yang sudah memiliki nomor registrasi BPOM dijamin aman dan bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Jika Anda merasa ragu dengan nomor registrasi (NA) sebuah produk kosmetik, Anda bisa mengeceknya langsung di website resmi online BPOM.

Dijamin Kehalalannya

Suatu produk kosmetik alangkah lebih baik jika sudah terdaftar di LPPOM atau memiliki sertifikasi halal. Label halal akan dikeluarkan untuk suatu produk, jika produk tersebut sudah dipastikan hanya menggunakan bahan-bahan dan melewati proses pembuatan yang halal dan baik dalam hukum agama islam.

Cari Review Produk

Jika ingin mengetahui bahwa suatu produk aman atau tidak untuk ibu hamil atau menyusui, Anda bisa mengecek review-review pengguna sebelumnya terhadap produk kosmetik tersebut. Review-review tersebut dapat Anda temui melalui internet. Di dalam blog, web atau video-video yang ada di Youtube. Hal tersebut penting dilakukan sebagai usaha perbandingan dan menambah wawasan mengenai produk kosmetik yang aman.

Informasi Pabrik Maklon Kosmetik Terpercaya

Produk kosmetik untuk ibu hamil dan menyusui yang aman digunakan sebenarnya tidak hanya bedak saja. Tetapi, produk lainnya seperti pelembab, lipstik, blush on dan sebagainya. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat produk kosmetik yang aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui,  bisa langsung menghubungi PT. ADEV Natural Indonesia.

PT ADEV Natural Indonesia merupakan perusahaan maklon kosmetik dengan konsep Back to Nature dalam pembuatan kosmetiknya. Perusahaan ini sudah berkecimpung selama 12 tahun dalam pembuatan produk-produk seperti skincare, personal care, decorative produk dan lain-lain.

Anda tidak perlu ragu untuk membuat produk kosmetik di PT ADEV Natural Indonesia sebagai perusahaan maklon kosmetik aman dan terpercaya. Terlebih, syarat dan biaya maklon di PT ADEV sangat mudah dan murah (negotiable).

Jika Anda benar-benar tertarik untuk membuat produk kosmetik, bisa langsung datang ke kantor kami di Jl. Curug Mekar RT.02/RW.04 Desa Curug Mekar. Kec. Bogor Barat, Indonesia atau isi form di sini.

Tags: Bedak yg aman untuk kulit sensitif dan berjerawat untuk ibu hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.