Bahan Pembuatan Krim Wajah

Bahan Pembuatan Krim Wajah

Bahan pembuatan krim wajah yang aman perlu dikenali dengan baik oleh pabrik dan perusahaan maklon kosmetik. Jika menggunakan bahan kosmetik berbahaya dalam kosmetik untuk memutihkan wajah, maka akan membahayakan kelangsungan perusahaan dan konsumen yang memakai cream pemutih tersebut. Efek samping bahan pembuat krim pemutih wajah juga dikenali dengan baik.

Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas beberapa bahan pembuatan krim wajah yang umum ditemui di label kemasan produk. Baca kelebihan dan kekurangan serta manfaat setiap bahan. Pastikan kosmetik yang anda gunakan tidak menggunakan bahan pembuatan krim wajah yang berbahaya buat kulit dan kesehatan.

Bahan pembuat krim pemutih dalam kosmetik racikan dokter

Ladies, Anda pastinya sudah pernah mendengar tentang krim pemutih wajah dari racikan dokter yang seringkali ditawarkan di berbagai media sosial, khususnya melalui online. Memang ada banyak sekali krim pemutih yang dijajakan dan juga dikatakan sebagai hasil dari racikan seorang dokter, tanpa menyebutkan siapa dokter yang telah membuat racikan tersebut. Tanpa tahu dengan pasti apa saja kandungan yang ada di dalamnya, siapa pun pastinya akan tergiur bila diiming-imingi dengan harga yang sangat murah terlebih lagi bila hasil yang didapatkannya secara instan.

bahan pembuatan krim wajah

Nah, sebelum Anda mulai menggunakan krim pemutih wajah racikan tersebut, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa sajakah isi atau pun kandungan yang ada di dalamnya. Dan yang paling panting, Anda juga harus berusahan mencari tahu siapa dokter yang membuat racikan tersebut. Selain itu, sebenernya anda dapat membuat masker wajah alami sendiri di rumah dari bahan herbal.

Krim untuk memutihkan wajah dari racikan dokter

Krim pemutih wajah adalah krim yang memiliki kandungan bahan kimia yang bisa menyamarkan noda hitam yang ada di kulit wajah Anda, sehingga bisa membuat wajah tampak lebih putih dan cerah. Krim pemutih wajah yang paling banyak dijual di pasaran sekarang ini adalah krim pemutih racikan dokter yang biasanya dijual sevara online, atau pun dari mulut kemulut, dan bukan dari apotek tempat prakter dokter kecantikan. Penggunaan krim pemutih yang masih belum tahu kejelasan asal usulnya ini dalam jangka waktu lama dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan hiperpigmentasi di kulit. Akan tetapi, penggunaan yang secara terus-menerus dapat saja menimbulkan pigmentasi yang efeknya permanen.

Apa saja Bahan pembuatan krim wajah

Umumnya produk yang dibilang krim untuk memutihkan wajah racikan dokter ini menggandung bahan-bahan berikut :

Hidroquinon dan hidrokortison (steroid)

Hidroquinon atau hydroquinone ini dapat dipakai untuk membantu dalam menghilangkan bekas jerawat dan juga memutihkan kulit lebih instan. Biasanya, penggunaan hidriquinon yang terlalu lama dapat menimbulkan flek hitam di wajah. Akan tetapi, bila dipakai tidak terlalu lama, maka flek hitam tersebut tidak akan timbul. Selain itu bila zat hidroquinon ini terakumulasi, maka dapat merusak jaringan yang ada di kulit wajah Anda. Tapi, bila tidak dipakai secara terus-menerus, maka tidak akan membahayakan. Perhatikan cara kerja (mekanisme) hidrokuinon dalam membuat kulit putih dalam gambar berikut.

cara kerja hidrokuinon

Gambar ilustrasi mekanisme hidrokuinon memutihkan kulit via labmuffin.com

Steroid umumnya dipakai untuk wajah jadi putih kinclong dan juga halus dalam waktu yang singkat. Bila penggunaan yang terlalu lama, maka steroid ini akan menjadi penyebab penipisan kulit, mudah memar, kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari, dan pigmentasi kulit jadi hilang sehingga akan menjadikan kulit tampak pucat seperti mayat.

Quinol

Quinol ini biasanya dipakai untuk memutihkan kulit serta menghambat pigmentasi di kulit. Akan tetapi bila dipakai dalam jangan waktu yang cukup lama, quinol ini bisa mengakibatkan kulit jadi sensitif, mengelupas, mudat iritasi, dan juga penipisan kulit, sehingga membuat urat-urat seolah-olah bisa terlihat. Akan tetapi, bila resep yang Anda terima dari dokter yang sudah berpengalaman kemungkinan hal yang demikian ini sudah diperhitungkan terlebih dahulu pastinya. Baca juga persyaratan teknis bahan kosmetik yang diterbitkan oleh BPOM.

Retinol acid (RA)

Zat ini adalah turunan dari vitamin C yang biasanya digunakan sebagai anti agin, sehingga kerutan dan juga keriput di kulit wajah Anda tidak mudah muncul yang menjadikan wajah tampak awet muda. Retinol acid ini umumnya akan memberikan efek purging saat dipakai, yakni efek yang membuat semua kerawat keluar terlebih dahulu sebelum benar-benar membersihkannya. Penggunaan krim pemutih wajah yang memiliki kandungan retinol acid ini bisa menjadikan kulit wajah Anda jadi lebih sensitif.

Bila Anda memakai krim malam yang mengandung retinol acid, maka ada baiknya Anda menggunakan sunblock atau pun tabir surya di wajah Anda saat bangun di pagi harinya, atau pun sebelum keluar rumah untuk bisa menghindari kemerahan di wajah Anda.

Efek Samping Dari Bahan Pembuat Krim Pemutih

Efek Samping Dari Bahan Pembuat Krim Pemutih

Lantas, bagaimana efek jangka panjang dari penggunaan krim pemutih wajah yang mengandung bahan-bahan di atas? Mungkin saja wajah Anda akan terbebas dari masalah jerawat dan tampak lebih putih, akan tetapi bila dipakai secara terus-menerus, wajah Anda bisa jadi lebih sensitif, berkeriput, kering, muncul jerawat, komedo, dan flek hitam yang sulit dihilangkan.

Itulah tadi beberapa bahan pembuatan krim wajah racikan dokter yang berfungsi sebagai pemutih kulit. Semoga bermanfaat.

Tags: bahan-bahan kimia membuat cream wajah, bahan baku cream wajah, bahan pembuatan cream racikan, bahan pembuatan cream wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.